Pengaduan

Tata Cara Penyampaian Pengaduan

Peraturan Menteri Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Nomor 11 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan


Masyarakat dapat mengadukan hal yang terkait dengan kasus pertanahan secara lansung kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Pengaduan masyarakat terkait dengan Sengketa dan Konflik pertanahan disampaikan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Pengaduan yang disampaikan kpada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar setidaknya harus memuat identitas dari pengadu serta memuat tentang uraian ringkas sengketa atau konflik yang terjadi. Pengadu juga diharapkan melampirkan identitas serta data pendukung atau bukti yang terkait dengan pengaduan.

Apabila berkas pengaduan telah diterima oleh petugas, maka petugas yang bertanggung jawab dalam menangani pengaduan akan melakukan pemeriksaan. Dalam hal pengaduan telah memenuhi syarat, maka pengadu diberikan tanda terima, namun apabila pengadu belum memenuhi syarat, maka berkas pengaduan tersebut dikembalikan dengan memberitahukan kekurangannya secara tertulis.

Terhadap kasus pertanahan yang diterima dan telah memenuhi syarat, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar memberikan disposisi kepada Kepala seksi yang menangani sengketa guna memberikan tanggapan terhadap kasus yang diterima secara tertulis.


  1. Membuka laman aplikasi Si Pemanah
  2. Klik menu “Buat Pengaduan
  3. Pilih Buat Pengaduan kemudian mengisi data diri (nama lengkap, NIK, No. HP, Alamat) dan mengisi aduan serta mengunggah dokumen pendukung
  4. Klik “Submit” jika data diri anda, aduan dan dokumen yang telah diisi telah sesuai
  5. Anda akan mendapatkan “ID Pengaduan
  6. Untuk melakukan Cek Pengaduan, gunaakan ID Pengaduan dan No. HP pada saat pengisian pengaduan

  1. Pengaduan LAPOR! bisa melalui beberapa kanal pengaduan
    • Website : https://www.lapor.go.id/
    • SMS Ke : Nomor 1708
    • IOS : bit.ly/laporios
    • Android : bit.ly/laporandroid